Translate

Senin, 04 Februari 2013

contoh pidato Maulid Nabi Muhammad SAW



       Assalamu’alaikum wr.wb

Bismilahirohman nirrohim wasolatu wasalamuala asrofil ambiya iwarmursalin wa’ala alihi washabihi azmain.
Kepada bapak kepala SMK YASBAM yang saya hormati, ibu/bapak guru yang saya hormati, dan teman-teman yang saya cintai. Saya ucapkan terimakasih, karena telah menyempatkan waktunya untuk berkumpul disini. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan, sehingga kita bisa berkumpul dihari ini dalam rangka “Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW”.
Hadirin yang berbahagia, mengapa kita memperingati mauled nabi Muhammad ??  Sebagai umat islam kita semua perlu tahu mengapa kita harus memperingati maulid nabi Muhammad SAW?? Dan kenapa diperingati bulan rabiul awal ???
Maulid nabi mulai diperingati pada abad IV hijriyah oleh Dynasti Fathimiyyun di Mesir. Dynasti Fathimiyyun mulai menguasai mesir pada tahun 362 H dengan raja pertamanya Al Muiz Lidinillah, diawal tahun menaklukkan Mesir dia membuat enam perayaan hari lahir sekaligus.
Hadirin yang saya cintai, apakah kalian tahu enam perayaan hari lahir itu ? enam perayaan hari lahir itu adalah : 1. Hari lahir (maulid) nabi
                 2. Hari lahir Ali bin Abi Thalib
                 3. Hari lahir Fatimah
                 4. Hari lahir Hasan
                 5. Hari lahir Husein
                 6. Hari lahir Raja yang bekuasa
Hadirin yang berbahagi, kemudian pada tahun 487 H pada masa pemerintahan  Al Fadhal peringatan enam hari lahir tersebut di hapuskan dan tidak diperingati lagi, raja ini meninggal pada tahun 515 H.
Lau, pada tahun 515 H dilantik raj yang baru bergelar Al Amir Liahkamilah, dia enghidupkan kembali peringatan enam maulid tersebut. Begitulah seterusnya peringatan Mauid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi Wasallam yang jatuh pada bulan rabiul awal, di peringati dari tahun ke tahun hingga zaman sekarang dan meluas hampir keseluruh dunia.
Hadirin yang berbahagia, Memperingati Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi Wasallam itu termasuk menghargai dan mencintai beliau. Namun jangan hanya memperingatinya saja, tapi kita juga harus bias meneladani sifat-sifat dari beliau.
Hadirin yang saya hormati, apakah kalian tahu sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi Wasallamyang perlu kita tiru dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ?? Sifat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi Wasallam yang perlu kita tiru dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
1.Sifat Amanah, yaitu siafat yang dapat dipercaya
2.Sifat Sidiq , yaitu sifat nabi Muhammad  yang sangat teliti
3.Sifat Tabligh, yaitu sifat nabi Muhammad yang dapat menyampaikan ajaran yag diturunkan oleh Allah.
4.Sifat Fatonah, yaitu sifat nabi Muhammad yang cerdas.
Hadirin yang berbahagia semoga kita dapat meniru dan menerapkan sifat-sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Cukup sekian yang bias saya sampaikan, mohon maaf bilamana ada tuturkata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.
·         Bila ada sumur diladang
·         Boleh saya menumpang mandi
·         Bila ada umur panjang
·         Boleh kita berjumpa lagi
Akhirul kalam, wabilahitaufik walhidayah Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar